Monday 22 December 2014

INTERVIEW HARI IBU#2 'Metal's Mother' Bersama Bunda NAY ANDI MATTALIU

Masih dalam rangka peringatan Hari Ibu.Interview selanjutnya dengan ibu metalhead asal Jakarta,Bunda Nada.Seorang Single Parent yang tetap jadi Super woman buat anak-anaknya.Sudah bergelut di dunia underground selama kurang lebih 20 Tahun,Sampai saat ini beliau masih aktif menghadiri maupun mensupport beberapa event metal dan skena Underground Tanah air.Daripada penasaran,yuuk disimak :)
  • Halo Bunda.Gimana kabarnya ?
Alhamdulillah kabar bunda baik...

  • Bunda sekarang lagi sibuk apa nih?
sekarang ini kesibukan bunda meneruskan kuliah yang sempet tertunda karena kematian anak bunda yang pertama..yahh lama juga sih bunda baru bisa move on, maklum anak  separuh nyawa kita..jadi ketika itu terjadi bunda merasa kehilangan semangat bunda untuk kuliah, merasa tidak ingin melakukan, dan memikirkan hal yang berat-berat..ga bisa fokus jadinya...begitulah.
  • · Si kecil sehat kan bunda ?
Kalo anak bunda yang paling kecil dan kakaknya juga baik-baik..yang paling kecil sudah kelas satu SMP di pesantren.

  •  Ohya maaf nih mau banyak tanya2 ya bunda.hehe
    Tanggal 22 Desember kan diperingati sebagai hari ibu,apa ada kegiatan khusus untuk merayakannya bun ?
Iya...kalo kegiatan khusus sih tidak ada, dulu waktu almarhumah anak bunda  masih hidup selalu ngucapin selamat hari ibu ke bunda,meluk dan nyiumin bundanya, bikinin puisi , klo sekarang karena dua nak bunda laki-laki mereka lebih nyantai tapi kalo ulang tahun bunda mrk pasti inget.
  • Menurut bunda kenapa sih hari ibu penting buat diperingati ?
Penting untuk di peringati..agar anak-anak, dan suami selalu mengingat betapa pentingnya perananan seorang ibu di dalam keluarganya. Bahkan seorang ibu yang hanya tinggal di rumah, tidak bekerja di luar rumah, mengurusi keluarganya dengan baik adalah teladan bagi keluarga. Dengan memperingati hari ibu kita lebih memasyarakatkan tradisi yang baik, yang akan di lajutkan anak-anak kita nanti agar, mereka selalu ingat jasa dan kasih sayang orang tua kepada mereka. Sebenarnya setiap saat anak akan selalu mengingat orang tuanya ketika mreka masih hidup ataupu setelah orang tua telah tiada. Kasih sayang seorang ibu tidak lekang oleh waktu dan tidak akan pernah terbalaskan, bahkan ketika mareka sudh tiada sekalipun kita akan selalu mengingat, mengalirkan air mata jika mengingat kasih sayang mereka pada kita. Jadi ingat ibu pernah mengatakan “sebenarnya orang tua tidak membutuhkan apa-apa dari anaknya ketika mereka masih hidup, sejatinya seperti itu. Mereka justru membutuhkan anak-anaknya setelah mereka tiada. Orang tua kita, Ibu kita butuh doa dari kita, saat itulah, saat orang tua kita telah kembali ke sisi-Nya..itulah waktunya mereka membutuhkan kita, itulah saatnya kita membalas kebaikan dan kasih sayang mereka kepada kita.
  •  Sekarang masi aktif dateng k event metal kah ?
Iya..sampai sekarang masih aktif
  •  Ohya bun bisa sedikit berbagi cerita nih sama kami,gimana sih awal mulanya bunda bisa jatuh cinta sama musik metal ?
Awalnya bunda jatuh cinta dengan dunia metal itu tahun 1995, waktu itu bunda di ajak temen main ke blok m, disitulah bunda pertama kali kenali sama anak metal. Manusia metal yang pertama kali bunda kenal itu vokalis Ngewwriieew  Abang (Khomeng Mortus) bunda biasa manggilnya begitu dan alhamdulillah bunda tetap dekat sampai sekarang, sudah seperti kakak sendiri. Kemudian Abang ngenalin bunda sama bassisnya Fachmi Mortus, Krisna Sucker Head, dan yang lainnya. Tahun 1996 bunda berkenalan dengan Christin Isabella Dechyana dan Amy Namiera Dewi, kami bersabat sampai sekarang, kami selau bersama-sama dari dulu sampai sekarang nonton event, mulai dari kampus ke kampus gor-gor,cafe sampai nonton bareng ke bandung. Kita dulu sangant kompak baik yang musisi maupun penikmat, kita ikut mereka nonton event mereka bareng-bareng. Kalo cewe-cewe metal sekarang lebih maju lagi di fashionnya yaa..kalo kita dulu fashion biasa...rambut aja yang panjang,terus dikit lebih gila karena kita kalau head bang sampai ke depan stage.bahkan kita sering head bang di stagenya hehehe...kocak, sangat menyenangkan kenangan yang tak akan terlupakan dan tak akan terulang lagi..heheheh..maklum klo sekarang mau headbang gitu.bisa2 pulangnya encok dehh...tepar berhari- hari hahahhaa...:D. Ada sedikit kebanggaan kami pada, khususnya bunda dan sahabat2 bunda, meskipun kita setiap malam minggu nongkrong di jalur 5 blok m mall seperti itu dulu kami menyebut tongkrongan kami..ada juga yang nongkrongnya di dpan pasar raya, blok m plaza. Tapi kalo kami seringnya d jalur 5..dan pulang ke rumah kalo blok m tutup..tapi kami hanya bener2 nongkrong ngobrol, makan  atau janjian kalo ada temen yang main juga di jalur 5,kami pulang setelah terminal juga sepi...hehehe...tapi alhamdulillah kita ber3 tidak ada yg nokep,smoke apalagi smpe nyimenk dan sejenisnya..kami benar2 hanya menikmati kebersamaan dengan dasar hobi yang sama.
  • Bagaimana tanggapan keluarga ? Apa mereka support ?
Kalau keluarga dukung dukung aja sih waktu itu, ga ada larangan, bahkan bunda juga sering nginep bareng, gantian di rumah siapa..jadi orang tua juga tahu teman-teman  bunda seperti apa. Tidak ada larangan, hanya paling di wanti2 karena kita anak perempuan. Yahh mungkin karena orang tua juga tahu bunda ga macem-macem, tahu bnda tidak pernah pulng dalam keadan mabuk atau apalah, berpakaian juga sopan jadi tidak ada reaksi yang aneh dari orang tua.
  • Si kecil pernah tanya ga kenapa kok bunda suka musik metal ?
Kalau bertanya ke bunda kenapa suka musik metal, anak-anak bunda ga pernah, mungkin karena udah biasa dengar dari mereka masih kecil, dulu setelah menikah bunda total gak nongrong2 lagi, hanya fokus ngurusin anak di rumah, nonton juga kalo ada band luar..itu jg sm Ayahnya, tp di rumah baik bunda maupun ayahnya anak-anak memang tetap nyetel musik metal tp dulu masih kaset hehehe...jadi telinga anak-anak udah biasa. Setelah anak-anak lebih besar baru bunda ajak mereka nonton musik metal termasuk anak pertama bunda yang udah ga ada,udah bbrapa kali ke event bareng bunda, dan dia suka..:) begitu juga yang paling kecil udah prnah bunda ajak ke event,,pertama kali liat om khomenknya manggung tahun ini, dan dia bilang keren dan minta terus mnta ikut kalo tahu bundanya mau ke event apalagi kalo om khomeng yg main..hehehe..baru setelah masuk pesantren dia ga mau lg, ada perubahan pola pikir setelah masuk sana.
  • Lalu gimana cara bunda membagi waktu buat keluarga dan hobi bunda di musik ?
Kalau soal bagi waktu di jalani aja..ga yang gimana2 juga, biasanya kalo ada event kan udh ada jadwalnya kapan, jadi urusan keuarga di selesaiin sebelumnya, kalu memang memungkin pergi ya pergi tapi kalo ada urudsan dengan keluarga tetap mentingin urusan keluarga. Hanya karena sekarang udh single parent jadi ada waktu,mau nonton, di putusin sendiri. Jadi paling pertimbangannya cuman urusan anak-anak aja. Yang pasti lebih mentingin urusan keluarga...:)
  • ·Pasti menyenangkan ya bun jadi seorang ibu.Bisa berbagi sedikit nih hal apa yang paling berkesan buat bunda ketika jadi ibu ?
Hal yang paling berkesan sebagai seorang ibu adalah ketika anak-anak bayi, balita, melihat perkembangan  dan pertmbuhn mereka itu banyak hal-hal yang luar biasa yang kita rasakan dari situ. Sangat menikmati saat-saat itu. Begitupun setelah anak-anak tumbuh lebih besar ada banyak hal yang berbeda dari mereka, anak2 udah bisa menceritakan, hal2 yang mereka ketahui, sebagai nilai2 yg baik yg harus dilakukan. Seneng mendengar anak-anak bisa memahami hal2 baik yg harus mrk lakukan tanpa kita harus memaksana atau menekan mereka untuk mengikuti.si kecil masuk pesantren adalah keinginan sendiri, dia minta masuk pesantren..alasannya pun sangat sedrhana sesuai pikiran anak-anak katanya..”pengen jadi orang baik” sangat terharu dan bahagia bunda mendengar anak bunda ngomng seperti, moga rahmat dan kasih sayang ALLAH slalu bersama anak-anak bunda.

  • ·Menurut bunda peran ibu yang baik d keluarga itu seperti apa ? 
Menurut saya ibu yang baik adalah ibu yg bisa mnjalankan fungsinya sebagai ibu dengan baik,baik itu dalam artian bukan hny mengurusi merawat anak ketika bayi dengan benar, tapi juga baik  secara utuh di hati anak-anaknya. Ada orang2 yg menghabiskn waktu di rumah bersam anknya tapi dia tidak memberikan nilai2 hidup,pemahaman2 yg dalam tentang bagaiman melihat hidup ini,bagaimana berkomunikasi dengan baik dan memperbincangkan banyak hal bersama, bagaimana menjalani hidup ini dengan tetap merasa bahagia meskipun di tengah kesedihan, memberikan energi2 positif kepada anak meskipun kita sendiri sebgai ibu menalami banyak hal yg tidak enak,yg menyedihkan dalam perjalanan hidup kita, agar mereka tetap percaya bahwa mereka akan tetap bahagia,bisa bahagia..dan itu semua berasal dari kekuatan pikiran mereka dn kebikjasanna hati mereka. Bukan jamanya lagi hanya meberitahukan, mengajarkan hal2 yg simple yang kita anggap sesuai dengan kapasitas mereka untuk berpikir dengan usianya tapi sudah saatnya kita pelan2 mengisi anak-anak kita dengan hal2 yg mungkin agak melampaui apa yg bisa mereka cerna, karena yakin ketika kita terus, konsisten mengajarkan banyak hal yg mskpu mereka butuh energi lebih untuk mencerna, pada akhirnya mereka akan mampu memahami itu dengan baik. Terutama dengan ajaran agama, keyakinan tehadap ALLAH dan kasih sayang-Nya.sebuah kebahagian yang besar ketika kita mendengar anak kita mengatakan “ kakak bahagia jadi anak bunda” kita tdk pernah tau sepeti apa nilai kita di mata anak2 kita, di hati mereka yg paling dalam seberapa berartinya kita buat mereka. Dan itu tdk kita dptkan dng memberika semua yg mrk mau, mengiyakan keinginan mereka tapi bagaiman kita membangun hubungan perasaan yg dalam, bagaiman kita membuat anak2 merasa mrk berharga lbh dari sebuah kewajiban bagi orang tuanya. Sedikit menceritakan kebiasaan bunda dengan anak perempuan bunda, kami ketika tidur bersama selalu berpegangan tangan, kami selalu saling menggenggam jari kami dan hal itu yg dia tulis di bukunya ketika di rumah sakit..” Sangat sayang bunda :*:* muuaacch, ntar kalo kita dah pulang,kita bobo pegangan tangan ya bunda, semoga aku kuat kemonya jd bisa cepat sembuh ya bunda..amin..:). Inilah tulisan terakhir anak bunda d rumah sakit, hanya ingin sedikit berbagi untuk menggabarkan bhw seorang ank ga selamanya menggagap pakaian,barang2 ato yg laiinya adalh sangat peting bagi mereka, hal yg sangat berarti bagi mrk, tapi kedekatan, kemesraan, kasih sayang yg tulus lebih, pelukan, belaian, usapan di punggung ,saling menggenggam tangan adalah ungkapan kasih sayang yg tak ternilai di hati mereka , anak-anak kita..T-T. 

  • Di momen hari ibu ini apa yang ingin bunda sampaikan ke Ibu anda dan anak anda ?
Saya ingin sampaikan kepada ibu saya almarhumah yang sudah tiada pergi, yang meninggal 8 bulan sebelum anak pertama say. Saya ingin ucapakan terima kasih yg tak terhingga untuk ibu, saya ingin mengatakan “ saya bangga jadi anak ibu, berterima kasih pd Allah yang telah mentakdirkan saya lahir dari rahim seorang perempuan sepeeti I bu saya T-T yang tidak hanya mengurusi kami dengan baik tapi juga membekali kami dengan ilmu agama, memberikan nasehat yang tak henti, memberikan kami spirit,hikma2 kehidupan, kekuatan jiwa yg kami pegang smpe sekarang dlm menjalani kehidupan. Terima kasih untuk cintanya Ibu...tak ada yg bs kami lakukan, sebesar apapun itu tak akan pernah melebihi kasih sayang ibu. Untuk anak-anakku..terima kasih  sudah jadi anak yg baik, untuk kaka..terima kasih  udah jadi anak bunda meskipun cumn sebentar..T-T, terika kasih udah mencintai bunda begitu besar..bunda pun mencintaimu nakqu takkan tergantikan oleh apapun. Untuk anak2 lelaki ku..terima kasih sdh menjadi anak yg baik,terima kasih sdh mempercayai bunda, mendengarkan, menyayangi bunda. Terima kasih juga kepada Allah SWT yg memberikan ank2 yg baik sebagai teman berbagi, yg saling menyayangi dlm menjalani kehidupan.

  • Harapan ke depannya seperti apa bun ?
Harapan kedepan utnuk kehidupan pribadi semoga semua jd lebih baik, bisa tercapai yg jd planning dan rencana2 yg tertunda. Baik diri maupun keluarga.
  • ·Ada pesan buat cewek metal dan ibu2 metal di Indonesia ?
Untuk scene metal semoga semua semakin solid,makin terjalin kekelurgaan yg baik, dan para musisinya mampu memeberikan karya2 yg lbh bagus lg kedepannya, ga kalah dng band2 luar. Jangan cepat merasa puas dengan apa yg sudah di capai tapi terulah berkarya lebih baik, tidak menjadi sombong ktika kesuksesan mnyertai kalian. Pencapaian tertinggi adalah ketika kita melakukan sesuatu tidak lagi untuk kepentingan diri sendiri tapi kita sudah mulai melakukan hal untuk orang lain, untuk orang banyak, baik itu terlihat maupun tidak terlihat. Semoga kita, dan scene metal ini mampu berbuat lbh banyak  kebaikan untuk masyarakat.


Bunda Nay dan (Alm) Anak pertamanya

Bunda Nay dan Sahabat










Show comments
Hide comments

1 comment:

Lead The Youth Webzine