Friday 7 March 2014

DARA PUSPITA


 Dara Puspita adalah grup musik Wanita rock n' roll pertama asal Surabaya, Jawa Timur yang dibentuk tahun 1964 sampai 1972 dan beranggotakan :
  • Titiek Adji Rachman (lead guitar)
  • Lies Soetisnowati Adji Rachman (rhythm guitar)
  • Susy Nander (drum)
  • Titik Hamzah (bass,vocal).
Mungkin band ini adalah pelopor awal munculnya band2 underground wanita di indonesia.karena dilihat dari pergerakan musiknya ,masih menganut sistem underground.Hebatnya,Dara Puspita adalah band wanita rock n' roll pertama yang bisa go international.mereka tour ke Eropa dan beberapa negara lain dan penikmat musik disana sangat menyukai musik Dara Puspita.Bahkan Dara Puspita bisa bekerja sama dengan manajemen band idola mereka The beatles untuk penggarapan album mereka.SALUT !


Mungkin untuk masa sekarang, suara dan melodi mereka terdengar cupu, tapi saya yakin kualitasnya tak lebih buruk dari girlband Korea wannabe jaman sekarang, boleh diadu.Band ini menganut aliran musik band2 luar seperti The beatles dan The Bee Gees.

Era Beatles di Indonesia adalah era Soekarno yang memusuhi segala macam musik barat yang disebutnya musik ngak ngik ngok. RRI sudah tidak lagi memutar lagu-lagu barat, namun para remaja manalah mau dilarang. Mereka tetap memasukkan musik rock and roll di setiap pesta pelajar dan mahasiswa.mereka juga pernah berurusan dengan aparat penegak hukum karena dianggap musik mereka tidak nasionalis.
Biarpun ada larangan, Dara puspita tetap eksis di dunia musik jaman itu.

Dara Puspita yang awalnya bernama Irama Puspita mungkin adalah satu-satunya grup band perempuan yang ikut memeriahkan kehidupan anak muda di jaman itu.


review by:fara lullabykid

No comments:

Post a Comment

Lead The Youth Webzine